Jumat, 15 Juli 2011

Kebiasaan Muslim yang LUPA membaca SALAM



Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.. ;))

Heyy.. DiPostingan kali ini aku mau ngomongin ttg “Kebiasaan Umat Muslim yang Lupa membaca SALAM dan menjawabnya”. Postinganku ini KHUSUS buat kamu kamu yang MUSLIM. :D

Islam.. Agama yang penuh keindahan. Agama yang  mempunyai panutan atau pedoman (Al-Quran). Siapapun yang beragama Islam, sekali2 jangan lah mengingkari perintah yang tertera di AL-QURAN. 
Hmm.. nih. Kalo mengucap Salam tuhh Sunah hukumnya. Sangat banyak dalil yang menunjukkan bahwa mengucapkan salam adalah sunnah. Diantaranya adalah, hadist:
“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam. Beliau ditanya, ‘Apa itu ya Rasulullah?’
Beliau menjawab, ‘Jika ia bertemu dengannya maka hendaklah ia mengucapkan salam kepadanya…’” (HR Muslim)
Dalil mengucapkan salam juga ditunjukkan dengan tindakan verbal Rasulullah beserta sahabat sahabatnya. Dan kepopuleran masalah ini membuat kita tidak perlu menyebutkan lagi teks (dalil).
Adapun menjawab salam adalah Wajib . Kewajiban ini bersifat aini (individual) dan jika tidak dikerjakan maka ia berdosa. Dalil yang menunjukkan hal tersebut sangatlah banyak. Antara lain firman Allah:

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya, atau balaslah penghormatan itu” (QS An Nisaa’: 86)


Kini, entah lah kenapa banyak para Muslim yang melupakan adat memberi SALAM. Kenapa sihh?? Sengaja lupa atauu emg AMNESIA? Waahhh atau jangan2 bukan ISLAM. #alamak . Mungkin pada kebiasaan yaa. mungkin kalian Malas mengucapkannya. Eh!! padahal SALAM itu cuma beberapa patah kata, ga susah kok ga perlu ngusas tenaga jga kalii..



Kawan.. Salam itu DOA. Biasakan lah mengucapkan Salam ketika menyapa orang. Ketika berpidato pun, buka lah Pidatomu dgn Salam dan ditutup pun dgn Salam. Ketika Nulis POSTINGAN di blog ini pun gunakan lah SALAM. Salam itu membawa berkah. ;)

Inget ya kawan!! Gunakan SALAM. Mau dpt keberkahan trus kan?? Mau didoakan pula kan?
Makan jangan lupakan SALAMnya yaa. :DD


Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..
(eh dijawab lohh!! Inget jawab salam WAJIB) hehhe :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar